Halaman

WELCOME TO MY BLOG
WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 22 Mei 2012

seluk beluk LED

INGIN MENJADI IRON MAN?
Anda ingin menjadi iron man? Atau mungkin superman, spiderman, batman, douberman? Saya yakin yang terakhir tidak ada yang minat. Nah, apakah Anda pernah bercita-cita menjadi superhero seperti mereka? Lupakan, itu hanya film! Yang dapat Anda lakukan adalah menjadi pahlawan (superhero) yang konkret, yang dapat benar-benar menyelamatkan masa depan dunia!
HENTIKAN MEMBACA JIKA ANDA TIDAK INGIN MENJADI PAHLAWAN!
Mas kamu lebay ya? Apa setres? Saya tidak gila ataupun setres, memang agak lebay, tapi tidak berlebihan. Dengan berinvestasi masa depan yang saya tawarkan, Anda akan menjadi pahlawan yang sesungguhnya.
MARI BERINVESTASI UNTUK MASA DEPAN
Ketika tidak ada lagi listrik di dunia ini, jika Anda telah berinvestasi untuk masa depan, jangan khawatir jika malam tiba, Anda akan tetap terang. Masa depan yang saya tawarkan adalah LED 5mm superbright strawhat/led topi, dengan pilihan warna nyala, ready stock : putih, biru, hijau, merah.
Paket 1, dengan invest 725 rupiah, Anda mendapatkan 1 buah masa depan,
(baca : 1 LED = 725 rupiah)
Paket 2, dengan invest 7000 rupiah, Anda mendapatkan 10 buah masa depan,
(baca : 1 LED = 700 rupiah)
Paket 3, dengan invest 15.000 rupiah, Anda mendapatkan 25 buah masa depan,
(baca : 1 LED = 600 rupiah)
Paket 4, dengan invest 25.000 rupiah, Anda mendapatkan 50 buah masa depan,
(baca : 1 LED = 500 rupiah)
Paket 5, dengan invest 45.000 rupiah, Anda mendapatkan 100 buah masa depan!
(baca : 1 LED = 450 rupiah)
TERUS GIMANA JADI IRON MAN nya MAS?
Dengan Anda membeli investasi di atas, Anda sudah jauh lebih hebat dari iron man, dia fiksi sedangkan Anda telah “ACTION” melakukan langkah nyata. Pikirikan seberapa banyak listrik yang dapat Anda hemat dengan LED?
Perhitungan : 1 buah LED superbright memiliki tegangan 3,3 Volt dan arus 20mA, daya yang dibutuhkan LED hanya 0,066 Watt! Jika 10 LED berarti hanya 0,6 Watt, ya, setengah watt lebih sedikit. Pernah Anda menjumpai lampu yang dapat menyala terang dengan hanya mengonsumsi daya setengah watt?
Dengan penghematan tadi Anda telah menyukseskan program PLN dan pemerintah untuk hemat energi dan telah membantu penghematan penggunaan bahan bakar untuk pembangkit listrik, jadi Anda juga telah mengurangi efek pemanasan global. Luar biasa bukan? Jadi, tidak berlebihan bin alay jika saya mengatakan bahwa LED mampu menyelamatkan dunia.
SAVE OUR EARTH!
Jadi dengan membeli LED, selain Anda dapat berkreasi apapun dengan LED yang Anda miliki, Anda juga akan mempunyai masa depan yang lebih cerah dan Anda telah menjadi pahlawan yang sebenarnya, pahlawan penyelamat bumi!
LED for brighter future
Aku yakin banyak umat manusia di seluruh dunia ini yang telah mengenal led, yak betul led atau light emitting diode telah menjadi tren saat ini. Led banyak digemari karena selain hemat energy, warna yang dipancarkan sangat variatif, lebih terang dari bohlam lampu konvensional dan harganya yang terjangkau.
Banyak sekali led yang telah ada di pasaran saat ini, led bisa digolongkan berdasarkan spesifikasinya.
Misal berdasarkan ukuran: ada led ukuran 3mm, 5mm, 8mm hingga 12mm.
Berdasarkan body: ada yang bening (clear) dan ada yang berwarna.
Berdasarkan warna yang dipancarkan: ada yang monokrom, diantaranya :putih, merah, biru, hijau, orange dan banyak lagi dan ada juga yang dua warna, tiga warna (bisa kayak banyak warna).
Berdasarkan terangnya: ada led biasa, superbright, hid, luxeon dll.
Wah pokoke wuakeh tenan lah macemnya led.

Macem-macen led

Ukuran led 3mm,5mm,8mm dibandingkan sebatang korek api

Led bodi butek 5mm (nyala sesuai bodi)

Led bodi bening (nyala tergantung dopping)

Led bening nyala biru
Penggunaan led telah sangat menjamur (duh bahasane lebai bener). Setiap hari, aku yakin kita semua pasti menjumpai led. Yak betul! di traffic light mas mbak. Lampu lalin saat ini sudah dimodifikasi menggunakan led, selain lebih hemat energy juga lebih terang, di atas lampu lalin pun ada countdown yang juga lagi-lagi terbuat dari led.
Bahkan lampu penerangan jalan umum (PJU) pun sudah ada beberapa yang menggunakan LED. Untuk lampu rumahan juga banyak dijual LED bulb.


Masih banyak lagi aplikasi led, sepeti pada strob0 mobil polisi, juga di mobil-mobil keren seperti Audy R8, juga di bus-bus terbaru. Senter dan lampu emergency pun sekarang memakai led (tahan berhari-hari dinyalain terus tu).

Audi R8 headlamp

led strobo polisi jepang

senter led
Mungkin ada yang bertanya, mas bagaimana saya bisa mendapatkan led? Ya beli ! :p .Kita bisa mendapatkan led di toko2 elektronik terdekat (bukan toko listrik).
Di saya bisa juga bisa.
http://www.facebook.com/notes/jalu-wirawan-susanto/ingin-menjadi-iron-man/220975907917009?ref=notif&notif_t=note_comment

Ada yang Tanya lagi, ngomongnya beli apa mas? Ya beli led, trus ngomong aja yang nyalanya warna apa, ukuran bodynya berapa, trus minta resistor 1kOhm jg, trus beline jg jangan cuman satu, tar nek mati nangis. Trus mungkin nek udah dapet led nya ada yang Tanya lg, le nyalain gimana kepriwe mas?
Kita menggunakan catu daya DC (direct current) atau arus searah untuk menyalakan led. Standarnya arus dan tegangan maksimum led berkisar 2volt, 0.02ampere untuk led monokrom clear berwarna merah dan 2-4volt, 0.02ampere untuk led clear. Jadi kalau kita punya adaptor 5 volt (pastikan 5 volt) dan ampernya dibawah 1 ampere (charger hape), kita masih bisa langsung menghubungkannya. Tapi kalau udah diatas 5 volt disarankan menggunakan resistor, kalau mau aman pake resistor 1kOhm. Nah cara menghubungkan led dengan catu daya seperti gambar ini…

Gambar anoda (kutub positif led) dan katoda (kutub negative led)

Gambar rangkaian led dengan catu daya 9V DC menggunakan resistor 1kOhm
Untuk menentukan kaki positif negative atau anoda katoda pada led dapat dilihat pada kaki led(lebih panjang anoda atau kutub positif). Dan jika dilihat di dalam body led, kaki anoda lebih kecil dari katoda.
Sementara segini dulu, yang penting led udah mau nyala kan? Selanjutnya ada proyek2 pake led yang sangat menarik, seperti flashing led, running led, dancing led, led strobo dan proyek led yang menarik lainnya. Nantikanlah !!
Nantikan juga rumus menghitung resistor untuk LED.
SAVE OUR WORLD! KEEP EFICIENT! LED 4 BRIGHTER FUTURE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar