CONTOH PIDATO TENTANG GLOBALISASI
Selamat siang,
Yang terhormat Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD, Victoria Istiningsih.
Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD Eusthasia Suwarti.
Yang terhormat guru-guru SMP Santa Ursula BSD.
Beserta seluruh murid SMP Santa Ursula BSD yang berbahagia.
Salam sejahtera
Puji
Syukur saya ucapkan kepada Tuhan YME atas segala karunia-Nya, Saya juga
berterima kasih kepada guru-guru yang telah menyelenggarakan acara ini.
Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah
mendukung acara ini.
Pada kesempatan kali
ini, saya ingin mengajak kita semua untuk mengingat kembali, beberapa
pola hidup yang kita lakukan dari penyebab globalisasi. Apakah
globalisasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita? Saya berharap pada
kesempatan kali ini kita semua menjadi tahu, seberapa besar pengaruh
globalisasi dalam hidup kita. Saya juga berharap kita semua dapat
menghadapi pengaruh globalisasi.
Di abad ke 21 ini, globalisasi
menjadi hal yang biasa bagi kita. Globalisasi, berarti proses yang
mendunia. Tentunya, semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya.
Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat seluruh
jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Contohnya
mobil. Padahal, sebelum mobil ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki
untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan yang sangat panjang sekalipun.
Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak
globalisasi adalah telekomunikasi. Saat ini hand phone adalah alat komunikasi yang sudah dimiliki oleh setiap orang. Selain hand phone,
yang tak kalah penting adalah internet. Globalisasi seperti
mengharuskan kita untuk memiliki komputer yang dilengkapi dengan
jaringan internet.
Di bidang kuliner, pengaruh globalisasi juga cukup besar. Makanan khas Barat menjadi sangat populer di seluruh
dunia. Contohnya Pizza Hut, KFC, CFC, Hoka Hoka Bento, dan sebagainya.
Hal ini menyebabkan makanan khas dalam negri menjadi kurang diminati.
Yang tak kalah penting, aspek kehidupan yang juga merasakan dampak
globalisasi adalah fashion. Saat ini tren yang sangat mendunia adalah dari negara-negara barat. Jika orang Indonesia lebih memilih tren luar negri, siapakah yang akan melestarikan budaya Indonesia?
Bidang olahraga juga merasakan dampak globalisasi. Saat ini seluruh
dunia sangat meminati pertandingan sepak bola, basket, bulu tangkis,
dan lain sebagainya. Bukan hanya kegiatan olahraganya, alat-alat
pendukung pun ikut merasakan dampak globalisasi. Contohnya sepatu.
Sepatu menjadi alat pendukung yang sangat penting. Model dan bentuk
sepatu pun harus disesuaikan dengan olahraganya.
Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh
aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya.
Sebagai warga masyarakat yang baik, kita harus bisa menghadapi pengaruh
globalisasi. Kita harus bisa mengambil nilai-nilai positif dan membuang
nilai-nilai negatifnya. Misalnya, dengan menyeleksi budaya asing yang
masuk ke dalam negri kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik,
yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negri kita.
Karena budaya dalam negri adalah ciri khas negri kita sendiri, yang
harus kita jaga. Agar tidak kehilangan informasi, kita harus mengikuti perkembangan informasi dan teknologi.
Jadi
ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh
globalisasi. Kita boleh merasakan pengaruhnya, namun kita harus
mengambil dampak positifnya, dan membuang dampak negatifnya.
Semoga
apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita semua yang ada
disini. Saya berharap dengan adanya globalisasi ini semua orang dapat
mengambil nilai positifnya. Terima kasih atas perhatian guru-guru,
teman-teman, beserta kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMP Santa
Ursula BSD. Sekian dan, selamat siang.
CONTOH PIDATO HARI PENDIDIKAN NASIONAL
Saudara-saudara
sekalian !Yang saya hormati Dosen Stai Darul Qalam Drs. Habibullah
.Yang saya hormati mahasiswa/ mahasiswi Stai Darul Qalam .Alangkah
bahagianya saya selaku menjabat sebagai ibu kepada Negara Indonesia,
pada hari ini ! pada hari ini, kita merayakan hari pendidikan Nasional,
yang bertempat dilapangan Istana Bogor pada tanggal 2 Mei 2007. Dengan
memperingati Pendidikan Nasional semoga kita lebih semangat /bangkit
untuk memajukan dan mencerdaskan pendidikan anak-anak bangsa agar berguna bagi bangsa, Negara dan Agama.Pertambahan anak umur sekolah yang cepat dan pertambahan lulusan tiap jenjang pendidikan yang besar, tapi tidak diikuti penambahan prasarana dan sarana pendidikan yang cepat dan memadai, menimbulkan masalah bagi pemerintah untuk memberikan “pendidikan dan pengajaran” pada semua warga Negara sebagaimana diamanatkan oleh undang- undang Dasar.
Persoalan
ini krusial mengingat beragamanya geografis nusantara yang luas dan
terpencar dengan tingkat perkembangan sosial-ekonomi-kultural berbeda.
Ketika itu untuk pertama kali pelaksanakan REPELITA dengan tekanan pada
pembangunan ekonomi yang dipandang sebagai landasan bagi aspek- aspek
lain dari pembangunan nasional. Dalam pembaruan pendidikan perhatian
difokuskan pada upaya-upaya perbaikan dan peningkatan kualitas serta
penataan kesempatan mendapat pendidikan. Mengenai yang terakhir ini
sulitlah dicapai bila hanya melalui cara-cara konvesial yaitu
memanfaatkan teknologi komunikasi dan teknologi ,informasi radio dan
televisi. Pada tahun 2007 pemerintah telah menetapkan APBN untuk
pendidikan sebesar 20% bagi SD, SLTP dan SLTA. Program dan kegiatan yang
dilakukan tidak semata-mata atas dasar pertambahan jumlah gedung
sekolah, guru, buku dan lain-lain. Alternatif yang didentifikasikan
adalah :
1. Penambahan daya tampung SLP yang dilakukan baik dengan penambahan sekolah baru
2. Peningkatan daya tampung sekolah- sekolah swasta
3. Pengembangan sekolah terbuka dengan media korespodensi, modul, siaran radio, siaran televisi dan lain-lain
4. Pembukaan kursus- kursus ketrampilan praktis diluar sekolah sebagai jalur penyaluran kemasyarkat..
Ki
Hajar Dewantara (1889-1959) seorang tokoh pendidikan Indonesia yang
memprokarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman siswa. Dia lebih
terkenal dengan filsafat” tut wuri handayani, hing madya mangun karsa, hing
ngarso sung tulada. Dewantara mengklasifikasikan tujuan pandidikan
dengan istilah “ tri-nga”(tiga “nga-nga adalah huruf terakhir dalam
abjad jawa ajisak). “Nga” pertama adalah ngerti” (memahami /aspek
intelektual). “Nga kedua” adalah “ngrasa” adalah (merasakan aspek
afeksi), dan “nga” ketiga adalah “nglakonin” (mengajarkan atau aspek
psikomotorik). Merumuskan tujuan pendidikan yang meliputi aspek
kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut Dewantara, adalah hak tiap
orang untuk mengatur diri sendiri, oleh karena itu pengajaran harus
mendidik anak menjadi manusia yang merdeka batin, pikiran, dan tenaga.
Pengajaran jangan terlampau mengutamakan kecerdasan pikiran karena hal
itu dapat memisahkan orang tepelajar dengan rakyat.Akhir sampai disini,
semoga bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan mencerdaskan serta
menciptakan anak-anak didik yang produktif, kreatif, dan inovatif yang
berguna bagi bangsa dan Negara, Menciptakan sumberdaya manusia yang
berkualitas dan mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan global.
UPDATE TAMBAHAN PIDATO
CONTOH PIDATO PENGARUH TELEVISI TERHADAP SISWA
Assalamualaikum
wr wb, Bapak/ ibu guru beserta rekan-rekan yang saya hormati,
pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang
maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua
sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak
terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk
menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pengaruh Televisi Terhadap
Siswa”. Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan
masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni
diantaranya ; pengaruh televisi dari segi positif dan negatif.
Bila
kita melihat secara umum pengaruh televisi terhadap siswa memang tanpak
sangat berguna dan bermakna karena media televisi ini merupakan sarana
penyampaian informasi yang paling efektif dan efisien, efektif dari segi
penyampaian informasi dan efisien dari segi harga untuk memperoleh
informasi tersebut. Dengan media televisi wawasan dan ilmu pengetahuan
seorang siswa dapat berkembang dengan pesat sejalan dengan perkembangan
teknologi yang ada. Banyak hal positif yang dapat diambil dari adanya
media televisi ini yakni diantaranya seperti, informasi mengenai berita
terkini, ilmu pengetahuan umum, Entertainmen/ hiburan, dan lain
sebagainya.
Seorang siswa hendaknya selalu mengetahui informasi
terkini yang terjadi didunia guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
dari siswa itu sendiri, yang dapat ia gunakan untuk mengembangkan
dirinya dimasa yang akan datang, karena dengan informasi manusia dapat
menjadi lebih baik dari sebelumnya, sedangkan untuk bidang
entertainment/ hiburan, hal ini tentu saja berfungsi untuk mengurangi
rasa penat atau rasa bosan pada setiap siswa didalam masa remajanya atau
dalam masa-masa belajarnya, mengapa demikian? Karena setiap siswa yang
sedang berkembang akan mengalami satu hal yang namanya ”bosan” dan hal
ini perlu dicegah dengan kegiatan yang sifatnya menghibur/ refleksi yang
dapat membuatnya selalu ”Fresh” dan berfikir positif, sehingga
menjadikan ia selalu aktif dan kreatif.
Selain dari wawasan dan
ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh siswa dari media televisi,
keakraban antar keluarga akan tercipta sehingga membuat siswa merasa
nyaman berada diantara keluarganya, karena keluarga juga merupakan salah
satu faktor utama penentu keberhasilan diri seorang siswa, selain hal
itu orang tua juga dapat mendidik anak-anaknya dengan lebih mudah
melalui media televisi dan orang tua tersebut lebih mudah memberikan
pengarahan terhadap anak sehingga anak akan merasa tidak terbebani untuk
memahami apa yang diinginkan oleh orangtuanya. Hal-hal tersebut
merupakan salah satu yang dapat kita rasakan/ lihat dari segi positif
dampak televisi terhadap siswa, tetapi selain itu banyak hal-hal
negative yang dapat terjadi jika siswa telah terpengaruh oleh televisi,
diantaranya adalah malas, mencontoh hal-hal yang tidak baik/ negatif
seperti cara bergaul, berbicara, berpenampilan, serta pribadinya.
Malas
adalah hal yang paling sering terjadi jika seorang siswa sudah
terpengaruh oleh asyiknya menonton televisi sehingga melupakan
belajarnya, dan hal ini merupakan hal yang sangat merugikan bagi siswa
itu sendiri karena dengan bermalas-malasan dia tidak akan mendapatkan
apa-apa dan apa yang ia cita-citakan dalam hidupnya, maka dari itu
alangkah baiknya orang tua membatasi waktu menonton televisi dan
menyaring tayangan yang sesuai dengan kebutuhan sang anak, selain malas
pengaruh buruk televisi terhadap tingkah laku anak yakni mencontoh hal
yang tidak seharusnya di contoh, misalkan anak usia dibawah lima tahun
menonton tayangan televisi untuk orang dewasa, tentu hal ini sangat
”berbahaya” karena anak bisa dewasa sebelum dewasa, maksudnya adalah
tindakan-tindakan yang dilakukan oleh orang dewasa tidak seharusnya
dicontoh oleh anak kecil, seperti Kekerasan, gaya hidup seperti
berpenampilan, bergaul, dan gaya-gaya berbicara yang tidak sesuai dengan
kaidah bahasa yang baik, dan lain sebagainya. Hal ini juga memerlukan
kontrol dari orang tua untuk tayangan yang sifatnya dewasa seperti itu.
Jika hal negativ tersebut sudah terjadi maka selanjutnya dapat kita
lihat kepribadian dari siswa itu sendiri akan berubah dan ”Kemungkinan”
merugikan bagi semua pihak termasuk dirinya sendiri.
Kesimpulannya
bahwa, setiap hal yang ada didunia ini pasti memiliki aturan dan
pandangan yang berbeda yakni, baik dan buruk, begitupun dengan media
televisi, yang selayaknya digunakan untuk hal yang baik tetapi tetap
saja memiliki dampak yang tidak baik bagi sebagian orang dan atau
fungsinya. Maka dari itu peranan orang tua untuk mendidik anak (siswa)
sangatlah penting serta kesadaran dari siswa itu sendiri haruslah tinggi
dan bertanggung jawab atas apa yang hendak ia lakukan dengan bimbingan
dari guru dan kegiatan-kegiatan positif yang dia lakukan selama dia
berada dilingkungan sekolah.
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.
CONTOH PIDATO PENGARUH INTERNET TERHADAP REMAJA
Assalamualaikum
wr wb, Bapak/ ibu guru beserta rekan-rekan yang saya hormati,
pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang
maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua
sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak
terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk
menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pengaruh Internet Terhadap
Remaja”.
Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan
batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni
diantaranya ; pengaruh internet terhadap remaja dilihat dari segi
positif dan dari segi negative.
Internet, kata yang tidak asing
di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul
dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi, mewah, dan praktis, Internet
bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon
selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan
mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau jika tidak, disetiap
sudut kota pasti terdapat sebuah Warung yang menjual jasa internet atau
yang biasa disebut dengan “Warnet”, Dunia Informasi Tanpa Batas,
begitulah orang-orang menyebutnya, saya sendiri tidak begitu yakin tapi
apa boleh dikata memang begitu keadaannya, dengan adanya Internet, Akses
atau jalan terhadap penyampaian Informasi-informasi yang ada didunia
ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau
mengejapkan mata.
Banyak Ilmu pengetahuan yang begitu melimpah
disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet
ini, lalu apa hubungannya dengan Siswa? Tentu saja sangat erat
hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang namanya
informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling
efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja
dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan
ini dapat terjadi pula penyalah gunaan fasilitas internet sebagai sarana
untuk Kriminalitas atau Asusila, siswa yang baru mengenal internet
biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh?
Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang
bersifat “asusila” lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian
dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu
konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah.
Namun
demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir
siswa-siswa yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang
memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun
pada umumnya internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari atau
mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia
terima disekolah, hal tersebut memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif
dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan
dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk diam didepan meja dan
mendengarkan gurunya berbicara.
Hal ini dapat menjadi sebuah
motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi
sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan
terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling
dominant yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan
yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja
itu akan berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana di
memulai.
Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan
lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia
terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut
sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang
memiliki kecenderungan pada hal yang negative justru sebaliknya, dia
akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kayaan
informasi dari internet tersebut.
Maka dari itu alangkah baiknya
jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan
sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi
kita, dan selaku remaja kita semua harus dapat menguasai teknologi yang
sedang berlari kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun
akan ikut berlari menyongsong masa depan.
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.
CONTOH PIDATO SAMBUTAN PERPISAHAN KELULUSAN SEKOLAH
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.
Pertama-tama
marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa
karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama
guna mengadakan acara perpisahan sekolah.
Para hadirin yang saya
hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah
dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.
Selama bersekolah,
kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru
yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak
pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah
dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat
lulus dari SMP ini.
Mudah-mudahan semua guru yang bertugas
mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi
kebahagiaan selalu.
Juga untuk teman2 semua. Sungguh berat
rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama2 selama 3
tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman2 semua dapat
melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM
maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita2 yang
selama ini diangan2kan.
Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman2, doa saya menyertai teman2 semua...
Catatan: Contoh pidato diatas ditulis dengan sudut pandang tempat dan pelaku orang lain, jadi silahkan sesuaikan sesuai kebutuhan :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar